TERKINI

Cara Memilih Merpati Balap yang Baik dan Bermutu

Merpati Balap

BAGI yang hobi Merpati ini ada tips bagaimana Cara Memilih Merpati Balap yang Baik. Tips ini didapat dari seseorang yang sangat senang menggelepak Merpati beberapa tahun belakang ini. Memilih merpati balap tentu sedikit berbeda dengan memilih Merpati Tinggian maupun Merpati Pos.

Paling mudah memilih Merpati Balap yaitu membeli Merpati keturunan Juara di Arena Lomba, tapi merpati yang seperti itu mendapatkannya tidak mudah dan tentu saja harganya mahal. Tapi kalau Anda sudah lama menggelepak Merpati hal demikian tentu tidak jadi masalah.

Selain itu yang paling penting adalah mengerti cara perawatan Merpati baru hasilnya maksimal. Kalau tidak percuma juga Merpati dari trah juara, tentu saja rugi dari sana sini

Nah, bagaimana dengan yang baru mulai merawat merpati atau yang berkantong pas-pasan ini ada sedikit tips memilih Merpati Balap.

Memilih Merpati Balap Yang Baik

  1. Badan terasa ringan kalau di pegang tidak berat dan tidak empuk. Bentuk badan kira-kira seperti jantung pisang, bentuk bulat memanjang semakin ke belakang semakin kecil.
  2. Bagian pangkal sayap tebal dan kekar.
  3. Mata tidak terlihat bercak, dibagian dalam lingkaran hitam tidak melebar tapi bulat. Mata adalah mendapat perhatian dalam memilih Merpati tidak saja Merpati Balap tapi juga untuk jenis lain.
  4. Kaki kering tidak pecah-pecah dan saat di pegang jari-jari nya seperti mengepal.
  5. Paruh kecil panjang dan tidak terdapat garis hitam.
  6. Tulang dada lebar, keras, lurus dan agak pendek.
  7. Dahi jenong, jika dilihat dari depan bentuk kepalanya pipih.
  8. Bulu sayap lebar hampir bentuk kotak dengan ujung runcing, kering dan kalau dibuka sayapnya tidak ada celah diantara bulu bulu. Ujung saya runcimg atau megerucut.
  9. Japit udang keras dan renggang sedikit kira kira 1/2 Cm.
  10. Bulu ekor menekan kebawah saat burung dipegang dengan posisi seperti akan ditegakkan.


Untuk Mengetahui Ciri-ciri Merpati yang Sehat adalah suatu keharusan bagi seorang penggemar Merpati. Saya mau berbagi sedikit tips yang sederhana ini terutama bagi pemula yang ingin memelihara Merpati. Baik senang merawat Merpati Tinggian, Merpati Balap atau Merpati Pos ciri-ciri Merpati sehat sama saja. Ini akan membantu nanti dikala Anda mulai berkecimpung dengan urusan merpati.

Merpati Sehat

Ciri ciri Merpati Sehat

  1. Mata bersinar terang mempunyai pandangan yang tajam, tidak layu, cepat bereaksi dengan benda-benda di sekeliling termasuk dengan cahaya.
  2. Burung aktif bergerak reaksi dengan lingkugan sekitar tidak diam aja di satu tempat. Bergerak seluruh body atau leher saja, lincah melihat situasi sekitar diiringi dengan mata.
  3. Bergerak menyisir bulu dengan paruh.
  4. Kalau melihat lawan jenis timbul birahi atau bereaksi, bisa salah tingkah atau berbuat aneh.

Itu tadi ciri merpati sehat. Nah untuk memilih merpati yang bagus lain lagi, tergantung Merpati jenisnya untuk contoh saja lihat ini Memilih Merpati Tinggian yang baik.

Satu hal yang tidak boleh lupa cari Merpati yang sehat. Demikian yang dapat di sharing kali ini semoga dapat membantu memilih Merpati Balap yang baik.

0 komentar:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com